Mengapa Memilih Administrasi Bisnis ?

Mayoritas universitas di Indonesia tidak membekali lulusannya untuk menjadi seorang profesional yang handal dan siap pakai untuk menjadi pemimpin dibidang bisnis dimasa yang akan datang dan lebih fokus keaspek pendalaman teori. Padahal, saat ini Indonesia sangatlah kekurangan profesional dibidang bisnis yang siap pakai dan handal yang dapat membawa ekonomi Indonesia kelevel yang lebih tinggi.

Program studi (prodi) Administrasi Bisnis TAU hadir untuk menghasilkan lulusan yang siap pakai, handal, serta profesional dibidang bisnis dan manajemen; menghasilkan lulusan yang dapat bersaing setara bahkan mengungguli profesional bisnis ditingkat global. Prodi ini menawarkan kurikulum multi bisnis yang mempersiapkan lulusannya untuk menjadi seorang manajer dan pengusaha dibidang bisnis.

Untuk mengakomodir minat dan bakat mahasiswa dibidang bisnis, prodi Administrasi Bisnis TAU menawarkan lima konsentrasi, yaitu Kewirausahaan, Perbankan Investasi, Strategi dan Inovasi, Bisnis Internasional, dan Perbankan Syariah.

Visi :

Menghasilkan manajer profesional dan pimpinan bisnis Indonesia masa depan dan terlibat secara aktif didalam penelitian dibidang bisnis yang akan memberikan manfaat bagi dunia akademik dan masyarakat pada umumnya di Indonesia.

Misi :

  1. Menyiapkan lulusan yang: (1) memiliki pengetahuan, keahlian, kreativitas, dan inovasi yang dalam dibidang bisnis dan yang siap untuk bersaing secara nasional maupun internasional;
  2. Menjadi yang terdepan didalam penelitian dibidang administrasi bisnis yang termuktahir, yang dapat membantu meningkatkan pembangunan ekonomi Indonesia;
  3. Menjadi pusat manajer profesional di Indonesia yang akan melahirkan para manajer profesional yang siap pakai yang dapat bersaing didalam negeri maupun diskala global.

Semester 1 – 2
Mahasiswa akan dibekali dengan dasar-dasar bisnis yang penting untuk mengembangkan kerangka binis dan keahlian manajerial yang kuat, seperti pemahaman Akuntansi dan Keuangan dan dasar-dasar Manajemen dan Kewirausahaan.

Semester 3 – 4
Mahasiswa masih akan dibekali dengan dasar-dasar bisnis yang penting untuk mengembangkan kerangka binis dan keahlian manajerial yang kuat, seperti pemahaman akan pentingnya Kepemimpinan dan Ekonomi didalam pengelolaan dan pengambilan keputusan bisnis. Akan tetapi, mata kuliah-mata kuliah teknis dan spesialis sudah mulai diperkenalkan disemester ini.

Semester 5 – 6
Di semester ini mahasiswa akan belajar mata kuliah-mata kuliah yang lebih bersifat operasional, manajerial, dan spesialis, yang sesuai dengan penjurusan yang mereka pilih; mata kuliah-mata kuliah tersebut akan membekali mereka dengan keahlian teknis untuk menjadi seorang manajer profesional dibidang bisnis apapun.

Semester 7 – 8
Di tahun terakhir mahasiswa diberikan kesempatan untuk mematangkan pemahaman teori dan konsep bisnis yang telah mereka pelajari dikelas dari tahun pertama sampai tahun ketiga dan mengaplikasikannya melalui pelaksanaan magang kerja dan penulisan tugas akhir studi kasus bisnis yang bersifat aplikatif. Dengan demikian mereka memiliki kompetensi yang lengkap dan matang ketika lulus dari TAU, karena telah memahami teori dan aplikasi bisnis didunia nyata.

Setelah menyelesaikan studi diprodi Administrasi Bisnis TAU, lulusan prodi ini diharapkan dapat:

  1. Pengetahuan Bisnis: memiliki pemahaman teknis yang kuat dibidang bisnis dan manajemen;
  2. Keahlian Berpikir Kritis: mampu untuk mendefinisikan, menganalisa, dan merancang solusi yang bersifat komprehensif tapi praktis atas permasalahan-permasalahan bisnis dengan mempergunakan metode yang ilmiah, terstruktur, terencana, metodis, dan berdasarkan data yang akurat dan bertanggung jawab;
  3. Keahlian Komunikasi: memiliki kompetensi didalam komunikasi bisnis yang baik untuk menunjang karir sebagai seorang profesional dibidang bisnis maupun sebagai seorang pengusaha;
  4. Keahlian Dibidang Teknologi: memiliki kompetensi didalam penggunaan teknologi modern dan termuktahir untuk mendukung pengembangan bisnis;
  5. Kewirausahaan dan Inovasi: memiliki kompetensi didalam pengembangan bisnis baru dan melakukan inovasi dibidang bisnis untuk bisnis baru maupun yang sudah berjalan, dan mengidentifikasi bisnis yang memiliki potensi pertumbuhan tinggi.

Sehubungan dengan karir, lulusan prodi Administrasi Bisnis TAU memiliki prospek karir yang baik dan luas diberbagai bidang; mereka dapat memilih karir diantaranya sebagai: management trainee, konsultan manajemen & bisnis, bankir investasi, perencana bisnis, analis bisnis, ekonom bisnis, manajer umum, perencana keuangan, manajer keuangan, pejabat eksekutif, peneliti bisnis, maupun manajer proyek.

  1. Didip Diandra, MBA;
  2. Primadi W.S., MBA, MPP;
  3. Hario Sulistianto, MBA;
  4. Aryo Indra Djati, MBA.