skip to Main Content
(+62) 8123 729 0009 | (+62) 21 5890 8888 admission@tau.ac.id Sistem Informasi Akademik

Mengapa Memilih Akuntansi?

Program studi akuntansi di rancang sebagai program studi yang berdaya saing tinggi, penuh tantangan dan memerlukan keuletan yang guna mempersiapkan pemikiran kritis, pemecahan masalah, berkomunikasi lisan dan tertulis, pengambilan keputusan serta membutuhkan pembelajaran yang berkesinambungan setelah kelulusan. Akuntansi adalah tentang bagaimana cara mengkomunikasikan informasi bernilai ekonomis dari sebuah kegiatan usaha kepada para pihak yang berkepentingan. Akuntansi adalah bahasa bisnis.

Program sarjana akuntansi kami mengutamakan pendekatan praktisi yaitu dengan mendorong dan memastikan mahasiswa/mahasiswi untuk menguasai ilmu akuntansi melalui praktek.

Sarjana akuntansi merupakan sebuah program studi yang komprehensif untuk mempersiapkan kualitas lulusan yang disyaratkan oleh organisasi akuntansi di Indonesia maupun Internasional. mahasiswa/mahasiswi juga akan diperkaya dengan pengetahuan yang di peroleh dari pengalaman kerja yang praktikal.

Dengan memiliki gelar sarjana akuntansi dari TANRI ABENG UNIVERSITY, anda sebagai lulusan telah menguasai landasan pengetahuan akuntansi yang mumpuni dan solid serta memiliki pemahaman yang kuat dalam bidang manajemen, bisnis dan kewirausahaan.

Untuk sukses dalam menjalani pendidikan di program studi Akuntansi, mahasiswa/mahasiswi diharapkan memiliki tingkat kedewasaan, motivasi dan disiplin diri yang tinggi.

Di dalam program stusi akuntansi mahasiswa/mahasiswi dinilai berdasarkan seberapa jauh tingkat persiapan dan kinerja mereka

Masing-masing kelas menampung sekitar 20 mahasiswa/mahasiswi, yang akan menjamin berlangsungnya diskusi secara akif selama proses pembelajaran.

 

VISI

Menjadi program studi akuntansi yang bermutu dan menghasilkan pimpinan dan tenaga profesional berstandar nasional dan internasional pada tahun 2027.

Being a high-quality undergraduate program in accounting and produce leaders and career-ready professionals in accord to national and international standards in 2027

 

MISI

1. Menghasilkan sumber daya manusia masa depan bangsa yang memiliki pengetahuan dan keterampilan akuntansi yang bermutu tinggi dan terkini serta dilengkapi dengan kemampuan manajemen dan kepemimpinan.

Producing human resource capital for the future of the nation who has a high and updated knowledge and skills in accounting that equipped with management and leadership ability.

2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian serta publikasi akademik demi pengembangan ilmu pengetahuan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, industri dan pemerintah.

Improving the quality and quantity of academic research and publication for the knowledge development to meet the needs of companies, industries and government

3. Memperkuat peran serta sivitas akademika di program studi akuntansi dalam memberikan dukungan terhadap kebutuhan masyarakat sebagai mitra melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Strengthening the role civitas academica in the undergraduate program in accounting in providing supports to the needs of community as through the community service activities  

4. Menyelenggarakan tata kelola program studi yang baik dan menjalin kemitraan serta kerjasama dengan institusi atau lembaga lain secara nasional dan internasional untuk mendukung pengajaran, penelitian dan pengabdian kapada masyarakat.

Organizing a good governance practice within accounting program and build partnership as well as cooperation with national and international institutions to support lecturing, researching and community service activities

Tahun Pertama

Di tahun pertama, mahasiswa/mahasiswi akan mempelajari pengetahuan dasar akuntansi. mahasiswa/mahasiswi juga akan mempelajari mata kuliah bidang ekonomi, kewirausahaan, matematika, statistika, manajemen dan hukum bisnis. Sehingga mahasiswa/mahasiswi akan diperkenalkan pengetahuan dasar dan keterampilan yang diperlukan oleh organisasi profesi akuntansi di Indonesia dan Internasional.

Tahun Kedua

Pada tahun ke dua, mahasiswa/mahasiswi akan di arahkan untuk mengembangkan kemampuan analisa dan memperdalam pemahaman pengetahuan di bidang akuntansi. mahasiswa/mahasiswi akan di perkenalkan dengan mata kuliah utama dari akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, manajemen keuangan, perpajakan, kepemimpinan dan etika profesi. Diharapkan mahasiswa/mahasiswi mampu meningkatkan pengetahuan teoritis dan praktis dalam linkungan akuntansi dan bisnis.

Tahun Ketiga

Pada tahun ketiga, mahasiswa/mahasiswi akan diperkaya pengetahuannya di bidang akuntansi dan keuangan. mahasiswa/mahasiswi juga akan memiliki pengetahuan yang luas tentang audit, pengendalian internal, analisa laporan keuangan. mahasiswa/mahasiswi akan mengimplementasikan pengetahuannya sesuai dengan spesialisasi yang diinginkan. (Spesialisasi tertentu hanya akan tersedia untuk program kelas internasional).

Tahun Terakhir

Pada tahun terakhir, mahasiswa/mahasiswi akan mengimplementasikan teori dan pengetahuan yang telah mereka miliki ke dunia kerja melalui program magang. Program tersebut akan memberikan kesempatan kepada untuk mengembangkan keahlian utamanya dan mendapatkan pengalaman kerja nyata pada profesi akuntansi. Pada akhirnya mahasiswa/mahasiswi diharapkan membuat skripsi sebagai tugas akhir guna memenuhi syarat untuk dapat diwisuda dari program studi akuntansi di UNIVERSITAS TANRI ABENG

Peluang Kerja
Wisudawan sarjana akuntansi dari TAU dapat memilih karir dibawah ini namun tidak hanya terbatas pada contoh karir ini:

  • Akuntan
  • Akuntan manajemen
  • Auditor
  • Bankir
  • Analisa budget
  • Analis Kredit
  • Akuntan lingkungan hijau
  • Analis Keuangan
  • Perencana Keuangan
  • Analis laporan keuangan
  • Akuntan Forensik
  • Auditor Internal
  • Akuntan untuk merger dan akuisis
  • Akuntan pajak

Kompetensi mahasiswa/mahasiswi

Wisudawan TAU diharapkan memilki kompetensi sbb

  • Menerapkan prinsip akuntansi yang berlaku umum untuk pencatatan dan mengkomunikasikan kegiatan usaha sehari hari kepada para pihak yang berkepentingan
  • Menganalisa laporan keuangan untuk mendukung pengambilan keputusan keuangan yang efektif
  • Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dalam dunia kerja dalam area perpajakan, audit, akuntan manajemen, pengendalian internal dan sistem informasi akuntansi
  1. Anggota Akademis Program Studi AkuntansiAnggota akademis program studi kami berpengalaman di bidangnya masing masing dan memiliki reputasi yang sangat baik sebagai praktisi, pengajaran dan riset. Program ini akan membuat anda sebagai mahasiswa/mahasiswi yang terdepan dalam hal teori dan praktek didalam lingkup profesi akuntansiAnggota akademis kami adalah

Tabel 4.1 Sebaran Mata Kuliah

No Semester Kode Nama Mata Kuliah SKS Status
Semester 1
1 1 TAAC-20 Principle of Accounting  I 4 W
2 1 TAAC-01 Economics 4 W
3 1 TAPD-18 Pancasila 2 W
4 1 TAPD-09 Citizenship 2 W
5 1 TAPD-03 Business English and Literacy 4 W
6 1 TAAC-08 Introduction To Management 2 W
7 1 TAAC-09 Introduction To Business 2 W
Total 20
Semester 2
1 2 TAAC-30 Principles of Accounting II 4 W
2 2 TAAC-11 Management Behavior and HR 3 W
3 2 TAPD-11 Anti corruption 2 W
4 2 TAPD-14 Indonesian language 2 W
5 2 TAAC-04 Business Law 2 W
6 2 TAAC-12 Management Information System 3 W
7 2 TAAC-13 Mathematics for Business 3 W
8 2 TAAC-07 Business Communication 2 W
9 2 TAPD-15 Intercultural Knowledge 2 W
Total 23
Semester 3
1 3 TAAC-60 Cost Accounting 4 W
2 3 TAAC-51 Intermediate Accounting 1 4 W
3 3 TAPD-13 Religious Study 2 W
4 3 TAAC-36 Ethics in Accounting 2 W
5 3 TAAC-37 Corporate Governance 2 W
6 3 TAAC-59 Accounting for Taxation 3 W
7 3 TAPD-21 Leadership 3 W
Total 20
Semester 4
1 4 TAAC-50 Accounting Information System 4 W
2 4 TAAC-52 Intermediate Accounting II 4 W
3 4 TAAC-33 Financial Management 4 W
4 4 TAAC-61 Management Accounting 4 W
5 4 TAAC-62 Advanced Taxation 3 W
6 4 TAAC-34 Statistic for Business 4 W
Total 23
Semester 5
1 5 TAAC-53 Financial Statement Analysis 4 W
2 5 TAAC-54 Auditing 1 4 W
3 5 TAAC-55 Advanced Accounting 4 W
4 5 TAAC-63 Management Control System 3 W
5 5 TAAC-64 Sharia Accounting 3 W
6 5 TAAC-65 Accounting Theory 3 W
7 5 TAPD-19 Proffesional Management 3 W
Total 24
Semester 6
1 6 TAAC-57 Research Method in Accounting 4 W
2 6 TAAC-90 Public Sector Accounting 4 P
3 6 TAAC-73 Corporate Finance 4 P
4 6 TAAC-59 Auditing II and  Practicum 4 W
5 6 TAAC-81 Strategic Management 4 P
6 6 TAAC-87 Tax Planning 4 P
Total 24
Semester 7
1 7 TAAC-88 Professional Placement Internship 4 W
Total 4
Semester 8
1 8 TAAC-72 Forensic Accounting 4 P
2 8 TAAC-99 Thesis 6 W
Total 10
Grand Total 148

 

Nama Mata Kuliah Principle of Accounting  I
Kode TAAC-20
SKS 4
Unit ini dirancang untuk membantu mahasiswa dalam memahami dan mengembangkan keterampilan teknis dalam akuntansi; teknik dasar ketentuan umum dan tata cara untuk mengidentifikasi, merekam, mengklasifikasikan, meringkas dan pelaporan transaksi keuangan. Mahasiswa juga akan belajar untuk menyiapkan laporan keuangan untuk satu satunya pedagang, kemitraan dan tingkat pengantar di sebuah perusahaan.
Nama Mata Kuliah Economics
Kode TAAC-01
SKS 4
Unit ini dirancang untuk memberikan mahasiswa pengetahuan tentang ekonomi beserta variabel variabelnya seperti struktur pasar, hukum penawaran dan permintaan, perdagangan internasional, pengangguran yang sering kita temui, inflasi & amp; nilai tukar, dan banyak aspek ekonomi lainnya.
Nama Mata Kuliah Pancasila
Kode TAPD-18
SKS 2
Pancasila dalam konteks sejarah Perjuangan Kebangsaan Indonesia, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila (Pancasila sebagai Filsafat Hidup Bangsa Indonesia), filsafat Pancasila, Pancasila dalam konteks ketatanegaraan kita (pancasila sebagai dasar negara RI), jaman Orde Lama, Orde Baru, Era Reformasi, dan Pancasila sebagai paradigma kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
Nama Mata Kuliah Citizenship
Kode TAPD-09
SKS 2
Unit Kewarganegaraan bersifat wajib lulus bagi mahasiswa yang mengikuti program Sarjana. Unit ini membekali para mahasiswa dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warga negara dengan negara, serta pendidikan pendahuluan bela negara agar menjadi waga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negaranya
Nama Mata Kuliah Business English and Literacy
Kode TAPD-03
SKS 4
Unit ini dirancang untuk mempelajari kemampuan Bahasa Inggris dalam segala skills seperti listening, reading dan speaking untuk mendukung kemampuan pemahaman mahasiswa terhadap sumber-sumber informasi yang berbahasa Inggris dan untuk mempersiapkan mahasiswa terutama kemampuan komunikasi yang baik selama kuliah maupun ketika berada di dunia kerja.
Nama Mata Kuliah Introduction To Management
Kode TAAC-08
SKS 2
Unit ini dirancang untuk membahas konsep-konsep, prinsip-prinsip, teknik-teknik, proses dan sistem manajemen. Dalam aplikasinya menggunakan landasan filosofis, teori dan pembentukan keterampilan profesional berdasarkan kompetensi manajerial, serta tanggung jawab sosial dan etika, baik lingkup lokal, nasional, maupun internasional.
Nama Mata Kuliah Introduction To Business
Kode TAAC-09
SKS 2
Unit ini dirancang untuk membahas konsep-konsep bisnis dasar (basic business concept), secara   global akan  selalu mengalami perubahan. Materi pembahasan mencakup Bisnis dan Lingkungan Bisnis, Globalisasi Ekonomi dan Bisnis Internasional, Sistem Ekonomi dan Bisnis, Bentuk Organisasi Bisnis, Dasar-dasar Manajemen dan Kewirausahaan.
Nama Mata Kuliah Principles of Accounting II
Kode TAAC-30
SKS 4
Unit ini dirancang ini untuk membimbing mahasiswa untuk memperoleh kemampuan teknis dan pemecahan masalah serta keterampilan dalam konteks ekonomi eksternal dalam pelaporan keuangan. Laporan keuangan terdiri dari eksternal laporan keuangan karena dengan melapor entitas pemangku kepentingan luar sesuai dengan GAAP dan IFRS. Mahasiswa akan mendapatkan keterampilan dalam membaca, menafsirkan dan menerapkan ilmu akuntansi.
Nama Mata Kuliah Management Behavior and Human Resource
Kode TAAC-11
SKS 3
Unit ini dirancang agar mahasiswa dapat memahami konsep perilaku pengelolaan sumber daya manusia dan organisasi yang terkait dengan bisnis. Unit ini akan memberikan pemahaman tentang bagaimana peran dan fungsi pengelolaan sumber daya manusia untuk merekrut calon karyawan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan perusahaan, pengembangkan kemampuan karyawan , peningkatan kompetensi dan mempertahankan karyawan sebagai aset dalam jangka waktu lama. Perilaku organisasi akan menjelaskan bagaimana peran dan fungsi organisasi yang merupakan hal penting dalam meningkatkan kinerja organisasi, konsep kepemimpinan, komunikasi organisasi, sampai proses pengambilan keputusan dengan melibatkan karyawan yang mengakibatkan efektivitas dan sinergi bagi seluruh elemen dalam organisasi.
Nama Mata Kuliah Anti Corruption
Kode TAPD-11
SKS 2
Mata Kuliah Anti Korupsi ini berkaitan dengan hukum anti korupsi serta anti pencucian uang dan kejahatan kerah putih (white collar crime) lainnya yang dapat terjadi dalam transaksi bisnis.
Nama Mata Kuliah Indonesian language
Kode TAPD-14
SKS 2
Substansi ini mencakup: Kemampuan Dasar, yaitu: Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan, pilihan kata/diksi dan definisi, Kalimat, dan paragraf; pengembangan karangan ilmiah, yaitu: perencanaan karangan, pengembangan karangan, notasi ilmiah, menulis populer dan menulis ilmiah.
Nama Mata Kuliah Business Law
Kode TAAC-04
SKS 2
Unit ini memberikan mahasiswa kemampuan dasar tentang sistem hukum dan penyelesaian sengketa hukum, serta dampaknya di dunia bisnis. Unit ini akan membahas prinsip prinsip hukum secara umum, hubungan dari sisi usaha dan sektor hukum. Di samping itu, hubungan hukum dan etika akan di bahas dan hubungan antara kontrak, badan hukum, kerugian, hukum umum, dan hukum bisnis dalam konteks global
Nama Mata Kuliah Management Information System
Kode TAAC-12
SKS 3
Unit ini dirancang untuk membantu mahasiswa dalam mempelajari sistem informasi manajemen. Seperti memahami konsep-konsep dalam sistem informasi manajemen, fungsi sistem informasi manajemen di dunia bisnis, menganalisis studi kasus terkait dengan materi kuliah, dan presentasi studi kasus untuk dibahas untuk mendapatkan solusi untuk masalah yang terbaik bagi perusahaan, Tujuan unit ini untuk mengajarkan mahasiswa tentang peran sistem informasi dalam bisnis, dunia kerja, dan pengambilan keputusan berbasis teknologi.
Nama Mata Kuliah Mathematics for Business
Kode TAAC-13
SKS 3
Unit ini telah dirancang untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang fungsi matematika. Materi dimulai dari non-calculus topik seperti lereng, baris, fungsi, persamaan, pemrograman linier dan, kemudian satu variabel dan multivarian dalam topik kalkulus yang akan dipelajari dalam aplikasi bisnis dan ekonomi.
Nama Mata Kuliah Business Communication
Kode TAAC-07
SKS 2
Unit ini dirancang untuk mempelajari prinsip-prinsip, elemen, dan praktik bisnis yang didasari oleh keefektifan komunikasi dalam berbisnis. Unit ini berfokus pada perencanaan, penciptaan, dan penyampaian informasi bisnis di berbagai jenis bisnis yang ada di pasar global.
Nama Mata Kuliah Intercultural Knowledge
Kode TAPD-15
SKS 2
Dalam mata kuliah ini, mahasiswa mendapatkan dasar-dasar ilmu pengenalan dan hubungan antar budaya untuk membangun kesadaran berinteraksi dengan budaya yang berbeda-beda dalam era globalisasi. Adapun pembekalan ilmu ini meliputi keterampilan dari segi kognitif, afektif dan perilaku yang disertai dengan karakteristiknya yang mendukung pembentukan pola interaksi yang efektif dan pantas dalam lingkungan budaya yang beragam. Mahasiswa harus dapat memandang dirinya sendiri sebagai bagian dari masyarakat dunia serta memahami bahwa mereka juga berbagi masa depan dengan masyarakat dari budaya lain. Mahasiswa diharapkan untuk dapat menghargai dan menghormati kekayaan budaya yang berbeda dan mengenali serta menantang perilaku dan tindak prasangka yang didasarkan pada perbedaan budaya yang akan mereka hadapi kelak.
Nama Mata Kuliah Cost Accounting
Kode TAAC-60
SKS 4
Unit ini dirancang untuk beri mahasiswa perkenalan tentang konsep biaya dan berbagai metode perhitungan dalam akuntansi biaya seperti perhitungan biaya, penentuan harga jual, rencana keuangan masa depan, dll untuk membantu pengambilan keputusan oleh manajerial serta dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.
Nama Mata Kuliah Intermediate Accounting 1
Kode TAAC-51
SKS 4
Unit ini melakukan pembahasan tentang kerangka konsep, pelaporan akuntansi, standar akuntansi keuangan, laporan keuangan untuk perusahaan jasa dan manufaktur, nilai waktu dari uang (Time Value of Money), standar akuntansi keuangan asset, hutang dan kontinjensi. Diskusi kelas itu juga dirancang membahas etika ketika membahas kerangka konsep akuntansi
Nama Mata Kuliah Religious Study
Kode TAPD-13
SKS 2
Mata Kuliah Religious Studies ini memfasilitasi siswa untuk memahami ide-ide agama dan tradisi agama dalam teori dan praktik. Juga mencoba untuk memperkenalkan kepada para siswa agama-agama dan / atau tradisi-tradisi utama dunia, persamaan dan perbedaan mereka dengan penekanan pada kesamaan mereka dan untuk menarik makna dari masing-masing agama atau tradisi. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan multi-disiplin dalam kerangka perspektif multicultural untuk memungkinkan siswa dapat melihat nilai- nilai yang baik dalam berbagai tradisi.
Nama Mata Kuliah Ethics In Accounting
Kode TACC-36
SKS 2
Unit ini memberikan landasan etika bahwa akuntan perlu mengidentifikasi masalah etika yang mungkin dihadapi dan merespons secara efektif. Mahasiswa akan  diperkenalkan dengan penalaran etika secara teoretis dan prinsip-prinsip etika termasuk dalam Kode Profesional Perilaku yang disebarluaskan oleh organisasi akuntansi. Pembahasan berbagai masalah yang berkaitan dengan etika, termasuk penyebab pelanggaran etika dan penipuan, whistle blowing, dan desain serta operasi program kepatuhan dan etika perusahaan. Etis masalah diilustrasikan dalam semua bidang utama praktik akuntansi, termasuk akuntansi keuangan dan perpajakan
Nama Mata Kuliah Corporate Governance
Kode TACC-37
SKS 2
Unit ini dirancang untuk mengeksplorasi informasi akuntansi digunakan oleh tata kelola dalam sebuah organisasi, kasus diambil dari skandal keuangan besar terkait perusahaan. Mahasiswa mengeksplorasi praktik tata kelola yang efektif tergantung; hubungan antara, eksekutif dan non-executive direktur, remunerasi, dan anggota dewan auditor eksternal dan hubungan dengan analis keuangan, investor, dan pemegang saham.
Nama Mata Kuliah Accounting for Taxation
Kode TAAC-59
SKS 3
Unit ini dirancang untuk membahas konsep, definisi, dan masalah pajak. Terutama akan membahas tentang konsep pajak penghasilan Indonesia dan perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 21, 22, 23, 24, 25, 26 dan 29. Selain itu, subjek akan membahas tentang Pajak Barang dan Jasa atau Pajak Pertambahan Nilai (Pajak Pertambahan Nilai) Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan bea materai.
Nama Mata Kuliah Leadership
Kode TAPD-21
SKS 3
Unit ini dirancang untuk melengkapi mahasiswa dengan teori dan praktek kepemimpinan, termasuk teori kepemimpinan yang sedang berkembang, etika dan tata kelola organisasi, kepemimpinan lintas budaya dan peran pemimpin dalam organisasi. Pendekatan multidimensional diadopsi untuk dapat menganalisa secara kritis tentang pemimpin dan kepemimpinan.
Nama Mata Kuliah Accounting Information System
Kode TAAC-50
SKS 4
Unit ini dirancang untuk pengenalan teknologi dan sistem informasi akuntansi. Mahasiswa akan belajar tentang implikasi dari interaksi antara teknologi dan sistem informasi akuntansi. Selain itu, unit ini akan membantu mahasiswa dalam memahami tujuan dan tata cara sistem kontrol internal, proses sistematis dalam transaksi bisnis etika dan privasi, manajemen data akuntansi, audit berdasarkan IT dan dokumen melalui sistem yang tepat melalui sistem dokumentasi yang baik berdasarkan diagram arus data (flow chart)
Nama Mata Kuliah Intermediate Accounting II
Kode TAAC-52
SKS 4
Unit ini meruapakan kelanjutan dari Intermediate Accounting I dan menjelaskan konsep dan penerapan dalam standard IFRS, Hal -hal yang di pelajari adalah, akuntansi untuk obligasi dan saham, pengakuan pendapatan, kewajiban pensiun, leasing, Analisa terhadap perubahan akuntansi dan error, pajak penghasilan dan prinsip dasar dalam kaidah pengungkapan penuh (full disclosure).
Nama Mata Kuliah Financial Management
Kode TAAC-33
SKS 4
Unit ini dirancang untuk memperkenalkan mahasiswa dengan konsep utama analitis dan alat bantu analisa yang digunakan dalam teori dan praktek manajemen keuangan seperti halnya fungsi dan peran keuangan dalam sistem manajerial. Unit ini mempersiapkan mahasiswa dalam mengembangkan ketrampilan manajemen keuangan dalam menganalisis masalah yang ada. Mahasiswa akan memperkenalkan dengan peran dan fungsi pasar modal dan berbagai sumber keuangan.
Nama Mata Kuliah Management Accounting
Kode TAAC-61
SKS 4
Unit ini dirancang untuk membantu mahasiswa dalam memahami kasus-kasus di akuntansi biaya dan mahasiswa belajar untuk mempersiapkan dan menganalisa laporan keuangan serta informasi lain untuk tujuan internal. Selain itu , mahasiswa akan mendapatkan pemahaman dalam menganalisa kasus perusahaan manufaktur dan kemudian membuat laporan kinerja.
Nama Mata Kuliah Advanced Taxation
Kode TAAC-62
SKS 3
Unit ini dirancang dengan garis besar untuk membahas penekanan pada  pendalaman materi dengan menitikberatkan pada aspek filosopis, dasar-dasar perpajakan, akuntansi perpajakan, perencanaan pajak, manajemen pajak, dan perpajakan internasional. Di dalamnya terdapat pula etika perpajakan dan efek manajemen pajak dalam perusahaan. Pembahasan mata ajar Manajemen Pajak meliputi PPh Badan, PPh Pasal 21, Withholding Tax, dan Pajak Pertambahan Nilai dengan fokus utamanya adalah PPh Badan. Mata ajar ini juga akan memberikan overview atas manajemen pajak perusahaan multinasional
Nama Mata Kuliah Statistic for Business
Kode TAAC-34
SKS 4
Unit ini dirancang untuk membahas konsep statistik termasuk ukuran kecenderungan pusat dan dispersi, probabilitas, penyebaran pusat membatasi teorema,sampel, hipotesis pengujian, korelasi dan analisis regresi.
Nama Mata Kuliah Financial Statement Analysis
Kode TAAC-53
SKS 4
Unit ini dirancang untuk memperkenalkan mahasiswa dengan konsep dan teori laporan keuangan; mengukur dan memproyeksikan laba perusahaan, rasio dan arus kas dan berbagai pengukuran dan teknik lainnya dalam menganalisis laporan keuangan perusahaan.
Nama Mata Kuliah Auditing 1
Kode TAAC-54
SKS 4
Unit ini menyediakan pengenalan audit yang baik untuk konsep dasar dan proses auditing yang difokuskan pada praktik auditor eksternal dalam penaksiran dan keandalan informasi keuangan .Para mahasiswa pun akan belajar profesi audit dan proses audit.
Nama Mata Kuliah Advanced Accounting
Kode TAAC-55
SKS 4
Unit ini memberikan kepada mahasiswa tentang pemahaman teori dan praktek untuk level yang tinggi untuk topik akuntansi keuangan. Topik ini akan akan memperluas keterampilan, pengetahuan dan pemahaman mahasiswa mengenai kombinasi bisnis, konsolidasi laporan keuangan, inter transaksi dalam perusahaan dan segmen pelaporan.
Nama Mata Kuliah Management Control System
Kode TAAC-63
SKS 3
Unit ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam dan lebih luas dalam hal konseptual dan pemahaman dalam pengontrolan dalam pengelolaan manajerial di sebuah organisasi. Mahasiswa akan belajar untuk pengontrolan pengelolaan manajerial yang menjadi fungsi utama seorang manajer dan memastikan apakah karyawan atau anggota dalam organisasi sudah berperilaku sebagai mana mestinya dalam bertindak atau bekerja sesuai dengan tujuan organisasi.
Nama Mata Kuliah Sharia Accounting
Kode TAAC-64
SKS 3
Unit ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dasar tentang prinsip-prinsip  akuntansi dan praktik sebagaimana diterapkan dalam lembaga dan organisasi Islam. Unit ini juga mengevaluasi dan membahas masalah akuntansi kontemporer dalam akuntansi dan keuangan Islam. Prinsip akuntansi Islam, praktik dan isu Zakat dalam konteks perusahaan modern dan lembaga keuangan juga akan dibahas.
Nama Mata Kuliah Accounting Theory
Kode TAAC-65
SKS 3
Unit ini dirancang untuk memberikan mahasiswa pemahaman teoritis dan aplikasi standar-standar akuntansi, IFRS dan PSAK untuk menggali beberapa masalah penting akuntansi keuangan. Berbagai masalah berkaitan dengan teori akuntansi keuangan dan peraturan akan dibahas di kelas.
Nama Mata Kuliah Proffesional Management
Kode TAPD-19
SKS 3
Unit ini dirancang untuk membahas teori dan pembelajaran manajemen korporasi, Lembaga nirlaba dan pemerintahan. Adapun hal hal yang dibahas adalah model bisnis, kepemimpinan manajemen, berfikir sistem, perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan, pengendalian, jalan menuju puncak dan prinsip kepemimpinan manajemen.
Nama Mata Kuliah Research Method in Accounting
Kode TAAC-57
SKS 4
Unit ini memberikan pembahasan tentang dasar-dasar yang digunakan dalam penelitian, secara khusus yang berfokus pada jangkauan dari teknik yang digunakan dalam penelitian empiris yang akan mengadakan perhitungan disiplin ilmu yang ada. Topik ditutupi pada yang demikian itu saja konsep penelitian ilmiah, desain penelitian, pengumpulan data, analisis data, dan melaporkan menulis. Selain itu, unit ini juga dirancang untuk membantu mahasiswa untuk mengembangkan proposal usulan skripsi.
Nama Mata Kuliah Public Sector Accounting
Kode TAAC-90
SKS 4
Unit dirancang untuk memberikan pengenalan pada teori dan praktek akuntansi seperti yang diterapkan untuk entitas pemerintah serta not-for-profit dan perbedaannya dengan perusahaan swasta atau entitas yang berorientasi keuntungan. Unit ini dirancang untuk membantu siswa dalam memahami dan mengembangkan keterampilan teknis untuk mempersiapkan laporan keuangan dasar untuk Lembaga pemerintah. Para mahasiswa pun akan belajar akuntansi , anggaran pendapatan dan belanja, catatan keuangan proses dan anggaran pendapatan dan belanja daerah , pemerintah negara bagian dan federal entitas dan swasta not-for-profit entitas
Nama Mata Kuliah Corporate Finance
Kode TAAC-73
SKS 4
Unit ini dirancang untuk mengkaji isu-isu penting dalam keuangan perusahaan dari perspektif manajer keuangan yang bertanggung jawab untuk membuat keputusan investasi dan pendanaan yang signifikan. Konsep net present value, konsep net present value secara memadai dapat digunakan untuk memperhitungkan pajak, ketidakpastian, dan masalah strategis, digunakan untuk menganalisis bagaimana keputusan investasi dan pendanaan berinteraksi untuk mempengaruhi nilai perusahaan. Unit ini mencakup topik yang penting untuk pengambilan keputusan dalam pemasaran, manajemen operasi, dan strategi perusahaan.
Nama Mata Kuliah Auditing II and  Practicum
Kode TAAC-59
SKS 4
Unit ini dirancang sebagai menyediakan penjelasan tentang audit konsep dalam aplikasinya untuk siklus akuntansi, prinsip dan prosedur dalam mengembangkan program audit sebagai alat transaksi dan akun-akun. Mahasiswa dihadapkan atau diterangkan tentang teknik audit yang digunakan oleh auditor dalam melaksanakan audit prosedur dan mengevaluasi bukti audit. Diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan pemikiran kritis dan ketrampilan melalui penerapan prinsip-prinsip dasar dalam praktek audit dan studi kasus yang dilakukan dalam modul praktikum.
Nama Mata Kuliah Strategic Management
Kode TAAC-81
SKS 4
Unit ini berfokus pada praktek, teori dan konsep tentang manajemen strategis. Isu utama dalam unit ini adalah dengan memahami isu isu utama yang berhubungan dengan manajemen strategis dalam organisasi untuk mencapai keunggulan kompetitif: factor internal maupun eksternal yang mempengaruhi keunggulan kompetitif, hubungan antara perumasan strategi dan pelaksanaannya dan peranan strategis pemimpin dalam mengevaluasi dan memilih atau mengambil keputusan terbaik diantara pilihan yang ada.
Nama Mata Kuliah Tax Planning
Kode TAAC-87
SKS 4
Mata ajar ini secara umum membahas tentang tax planning dalam perusahaan, etika perpajakan dan efek manajemen pajak dalam perusahaan. Pembahasan mata ajar Manajemen Pajak meliputi PPh Badan, PPh Pasal 21, Withholding Tax, dan Pajak Pertambahan Nilai dengan fokus utamanya adalah PPh Badan. Mata ajar ini juga akan memberikan overview atas manajemen pajak perusahaan multinasional
Nama Mata Kuliah Professional Placement Internship
Kode TAAC-88
SKS 4
Unit ini dirancang untuk mempersiapkan para mahasiswa dalam melakukan pekerjaan secara profesional yang disupervisi dan mengenal pekerjaan ysng berhubungan dengan akuntansi. Hal itu menekankan aplikasi penggunaan ilmu akuntansi yang diperoleh dalam industri baik dalam kantor akuntan atau perusahaan umum lainnya. Unit ini akan memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan pribadi dan professional serta meningkatkan pengetahuan dan kompetensi sebagai sebuah praktik akuntansi.
Nama Mata Kuliah Forensic Accounting
Kode TAAC-72
SKS 4
Unit ini memberikan pengenalan terhadap akuntansi  forensik sebagai ilmu yang berkembang dalam akuntansi. Perspektif terhadap isu teoritis dan praktis yang relevan dengan akuntansi forensik akan dibahas. Mahasis akan belajar tentang keterampilan dan pengetahuan diperlukan dalam praktek akuntansi forensik. Selain itu, mahasiswa akan belajar cara mengenali dan menganalisa kejahatan kerah putih  dan kecurangan laporan keuangan  melalui pemanfaatan berbagai keterampilan dalam ilmu akuntansi
Nama Mata Kuliah Thesis
Kode TAAC-99
SKS 6
Unit ini dirancang untuk mahasiswa untuk menulis sebuah penelitian dalam bidang akuntansi. Penulisan dalam penelitian termasuk; pengumpulan data dan analisis data dan menerapkan metode penelitian yang sesuai dengan topik penelitian. Dalam melakukan penelitian, mahasiswa di supervisi oleh seorang dosen dalam menyelesaikan penelitiannya.