Mengapa Memilih Teknik Arsitektur ?

Arsitektur TAU merupa­kan satu-satunya sekolah Arsitektur di Indonesia yang menawarkan pen­didikan Arsitektur yang berbasis Arsitektur Hijau (Green Architecture) atau Arsitektur Berkelanjutan (Sustainable Architecture). Arsitektur Hijau merupakan pendekatan perencanaan yang memiliki prinsip tidak merusak alam, bumi dan kehidupan manusia.

Professor Robert Vale, penulis buku “Green Architecture Design for A Sustainable Future” dengan Professor Brenda Vale, sempat memuji Ar­sitektur TAU sebagai sekolah arsitektur satu-satunya di dunia yang secara terbuka menawarkan program pendidikan Arsitektur yang berbasis pada Arsitektur Hijau dan Berkelanjutan.

Di dalam usianya yang masih muda, Arsitektur TAU sudah ikut terlibat di berbagai kegiatan berskala interna­sional seperti seminar dan program kemahasiswaan di luar negeri.

Visi :

Menjadi lembaga pendidikan berkualitas yang mampu menghasilkan pakar di bidang Arsitektur Berkelanjutan yang memiliki kompetensi profesional dan siap berkarir baik di tingkat nasional maupun internasional.

Misi :

  1. Menghasilkan Arsitek yang memiliki kedalaman ilmu arsitektur, yang secara spesifik mendalami Arsitektur Berkelanjutan atau Arsitektur Hijau (Green Architecture) serta memiliki keterampilan untuk menghasilkan karya arsitektur berkelanjutan yang siap berkarir secara profesional baik di tingkat nasional maupun internasional
  2. Mewujudkan program pendidikan tingkat sarjana yang dirancang khusus untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi di bidang ArsitekturBerkelanjutan atau Arsitektur Hijau
  3. Menjadikan program studi Arsitektur sebagai bidang ilmu pengetahuan yang dinamis serta mampu mendorong kemajuan teknologi dan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan
  4. Mampu menyelenggarakan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang sesuai dengan dasar-dasar ilmu Lingkungan Binaan yang Berkesinambungan (Sustainable Built Environment)

Semester 1 – 2
Mahasiswa dipersiapkan untuk menguasai teknik dasar menggambar, membuat maket dan membuat rancangan bangunan hemat energi.

Semester 3 – 4
Mahasiswa diarahkan untuk memperdalam teori dan penerapan arsitektur berkelanjutan melalui tugas perancangan bangunan hemat energi serta pengenalan perancangan bangunan menggunakan software komputer.

Semester 5 – 6
Mahasiswa diarahkan untuk mampu melakukan penelitian ilmiah terkait arsitektur berkelanjutan dan mampu mengembangkan kemampuan desain pada tugas-tugas perancangan bangunan hemat energi berskala kawasan.

Semester 7 – 8
Mahasiswa melaksanakan kerja praktek dan mulai menyiapkan proyek Tugas Akhir dan skripsi.

  1. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk membuat produk gambar arsitektur yang sesuai dengan standar yang dibutuhkan di dunia kerja.
  2. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan merancang bangunan hemat energi yang menerapkan prinsip arsitektur berkelanjutan.
  3. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian terkait bangunan hemat energi dan lingkungan binaan berkelanjutan.
  4. Lulusan mahasiswa dari prodi Arsitektur dapat berkarir di berbagai macam bidang seperti arsitektur, interior, manajemen konstruksi, perencanaan kota, penelitian dan pengembang properti.
  1. Ir. Tri Harso Karyono, MA, Ph.D (Ketua Program Studi Arsitektur)
  2. Dipl-Ing. Firmansyah Bachtiar, ST
  3. Dian Monica Erveline Basri, ST, MT
  4. Wisnu Ibadi, ST, MDs
  5. Randy Delyuzir, ST, MT
  6. Widiyanti, MDP