skip to Main Content
(+62) 8123 729 0009 | (+62) 21 5890 8888 admission@tau.ac.id Sistem Informasi Akademik

Mengapa Memilih Ilmu Komunikasi?

  • Kebutuhan perusahaan yang semakin meningkat di bidang komunikasi dalam upaya menunjang tujuan perusahaan.
  • Kombinasi antara teori dan praktik akan lebih mempersiapkan mahasiswa menjadi seorang profesional di bidang Ilmu Komunikasi.
  • Proses belajar yang unik dan pengalaman memperkenalkan mahasiswa ke berbagai institusi, semakin menambah pengetahuan mahasiswa tentang dunia kerja.

 

Visi:

Prodi Ilmu Komunikasi mempunyai visi: “Menjadi Program Studi Ilmu Komunikasi yang terpercaya dan terkemuka dengan menghasilkan lulusan yang berstandar nasional dan internasional pada tahun 2027.”

Misi:

Prodi Ilmu Komunikasi mempunyai misi:

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dengan menitikberatkan pada nilai profesional, kewirausahaan, dan kepemimpinan manajerial yang disinergikan dengan bidang Ilmu Komunikasi melalui proses pembelajaran yang berkualitas dan sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi.
  2. Melaksanakan kegiatan keilmuan dengan melakukan penelitian dari skala lokal sampai pada skala internasional, baik untuk pengembangan ilmu maupun penerapan secara praktik di dunia bisnis dan industri.
  3. Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai bidang ilmu komunikasi dengan melibatkan mahasiswa dan bekerja sama dengan para pengajar Program Studi Ilmu Komunikasi.
  4. Menciptakan tata kelola pada Program Studi Ilmu Komunikasi yang terbuka, bertanggung jawab, efisien, efektif, dan profesional.
  5. Menjalin kerja sama dalam bidang ilmu komunikasi dengan berbagai perusahaan dan lembaga, baik nasional maupun internasional, serta institusi pemerintahan.

Tujuan:

Program Studi Ilmu Komunikasi Tanri Abeng University diharapkan:

  1. Menghasilkan lulusan yang kreatif, mampu beradaptasi dengan teknologi, dan berdaya saing tinggi dengan memiliki nilai-nilai profesional, kewirausahaan, dan kepemimpinan manajerial di bidang ilmu komunikasi.
  2. Menghasilkan berbagai karya penelitian yang dipublikasikan dalam skala lokal sampai pada skala internasional dan dapat digunakan dalam pengembangan keilmuan dan dunia praktis di bidang ilmu komunikasi.
  3. Berkontribusi melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dapat berguna baik secara sosial kemasyarakatan maupun secara praktis sesuai dengan bidang ilmu komunikasi.
  4. Meningkatkan kualitas tata kelola pada Program Studi Ilmu Komunikasi sehingga dapat mewujudkan keterbukaan, bertanggung jawab, efisien, efektif, dan profesional.
  5. Meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat melalui kerja sama dalam bidang ilmu komunikasi dengan berbagai perusahaan dan lembaga, baik nasional maupun internasional, serta institusi pemerintahan.

Tahun Pertama

Mahasiswa mempelajari pengetahuan dasar di bidang Ilmu Komunikasi dan juga menguatkan basis nilai-nilai yang positif agar menjadi lulusan yang berkarakter dan bertanggung jawab.

Tahun Kedua

Mahasiswa mempelajari berbagai konsep dan teori di bidang Ilmu Komunikasi. Pada semester genap tahun kedua, mahasiswa mulai terfokus pada mata kuliah untuk konsentrasi Corporate Communication.

Tahun Ketiga

Mahasiswa mempelajari berbagai konsep dan teori pada konsentrasi Corporate Communication. Mahasiswa juga mempelajari beberapa mata kuliah praktis yang menunjang keilmuan dan kompetensinya. Selain itu, mahasiswa mempelajari metodologi dan juga matakuliah Etika dan Filsafat Komunikasi untuk menguatkan landasan keilmuan.

Tahun Keempat

Mahasiswa telah siap melakukan praktik kerja dan juga melakukan skripsi sebagai persyaratan kelulusan.

KOMPETENSI

  1. Mahasiswa diharapkan memiliki karakter individu yang baik, jiwa kepemimpinan, kerja sama tim yang baik, dan pemahaman mengenai etika profesi sehingga dapat bermanfaat di dunia kerja.
  2. Mahasiswa diharapkan mampu berpikir kreatif, inovatif, dan strategis dalam merancang perencanaan program komunikasi.
  3. Mahasiswa diharapkan menguasai teknik menulis dan mampu mengelola media perusahaan.
  4. Mahasiswa diharapkan menguasai keahlian presentasi, negosiasi, dan juga segala bentuk kegiatan public speaking.
  5. Mahasiswa diharapkan mampu merancang suatu even dan juga bentuk-bentuk kegiatan komunikasi lainnya.
  6. Mahasiswa diharapkan mampu mandiri sebagai entrepreneur dengan mengembangkan segala jenis usaha di bidang Ilmu Komunikasi.
  7. Mahasiswa diharapkan menguasai keahlian dalam bidang riset

KARIR

Lulusan dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Corporate Communication dapat berkarir sebagai:

  • Public Relations Consultant
  • Corporate Communication Manager
  • Public Relation Manager (Swasta/Pemerintah)
  • Strategic Communication and Campaign Consultant
  • Public Relations & Marketing Consultant
  • Brand Manager
  • Campaign Director
  • Communication consultant
  • Strategic Communication manager
  • Corporate Affairs Manager
  • Researcher
  • Corporate Secretary
  • Strategy Planning Manager
  • Publicist
  • Event Organizer Manager
  1. Erna Mariana Susilowardhani, S.Sos., M.Si. (Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi)
  2. Kartika Aryani Harijono, S.Sos., M.I.Kom.
  3. Ahmad Hairul Umam, M.Hum.
  4. Irwan Setyawan, M.I.Kom.
  5. Kiki Esa Perdana, S.Ip., M.Si.
  6. Achmad Kusaeni, MA.
  7. Siti Khopipah, M.Si.