MENGAPA MEMILIH PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS DI TAU?

Mayoritas universitas di Indonesia tidak membekali lulusannya untuk menjadi seorang profesional yang handal dan siap pakai untuk menjadi pemimpin dibidang bisnis dimasa yang akan datang dan lebih fokus keaspek pendalaman teori. Padahal, saat ini Indonesia sangatlah kekurangan profesional dibidang bisnis yang siap pakai dan handal yang dapat membawa ekonomi Indonesia kelevel yang lebih tinggi.

Program studi (prodi) Ilmu Komunikasi TAU hadir untuk menghasilkan lulusan yang siap pakai, handal, serta profesional dibidang bisnis dan manajemen; menghasilkan lulusan yang dapat bersaing setara bahkan mengungguli profesional bisnis ditingkat global. Prodi ini menawarkan kurikulum multi bisnis yang mempersiapkan lulusannya untuk menjadi seorang manajer dan pengusaha dibidang bisnis.

Untuk mengakomodir minat dan bakat mahasiswa dibidang bisnis, prodi Administrasi Bisnis TAU menawarkan lima konsentrasi, yaitu Kewirausahaan, Perbankan Investasi, Strategi dan Inovasi, Bisnis Internasional, dan Perbankan Syariah.

Visi:

Menciptakan sarjana ilmu komunikasi yang memiliki jiwa kepemimpinan yang profesional dan berkompetensi di bidangnya sehingga mampu menjawab tuntutan dan tantangan di dunia profesional.

Misi:

  1. Mendidik para mahasiswa menjadi Career Ready Professionals di bidang Ilmu Komunikasi, dengan meningkatkan kemampuan praktis yang diterapkan dalam beberapa mata kuliah praktik.
  2. Membimbing mahasiswa untuk memiliki kemampuan di bidang komunikasi, khususnya konsentrasi corporate communication sehingga mampu mengelola hubungan dengan para stakeholder, baik internal maupun eksternal dengan memanfaatkan berbagai saluran media; mampu beradaptasi dengan teknologi dengan menerapkannya ke sistem di dalam organisasi; mampu mengatasi krisis organisasi dan meningkatkan reputasi organisasi; mampu mengembangkan strategi komunikasi dalam mendukung pencapaian organisasi; memiliki kemampuan menulis sesuai kebutuhan organisasi, dan mampu mengelola media dan even perusahaan.
  3. Membimbing mahasiswa untuk memiliki soft skill kepemimpinan, berpikir kreatif, berpikir inovatif, berpikir analitis dan stategis, kewirausahaan, conceptual skill, social skill, presentation skill, etika profesi, dan kemampuan dalam melakukan riset.
  4. Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan keilmuan guna peningkatan kemampuan di bidang Ilmu Komunikasi melalui kegiatan seminar, konferensi, call for paper, diskusi keilmuan, dan riset.

Tahun Pertama

Mahasiswa mempelajari pengetahuan dasar di bidang Ilmu Komunikasi dan juga menguatkan basis nilai-nilai yang positif agar menjadi lulusan yang berkarakter dan bertanggung jawab.

Tahun Kedua

Mahasiswa mempelajari berbagai konsep dan teori di bidang Ilmu Komunikasi. Pada semester genap tahun kedua, mahasiswa mulai terfokus pada mata kuliah untuk konsentrasi Corporate Communication.

Tahun Ketiga

Mahasiswa mempelajari berbagai konsep dan teori pada konsentrasi Corporate Communication. Mahasiswa juga mempelajari beberapa mata kuliah praktis yang menunjang keilmuan dan kompetensinya. Selain itu, mahasiswa mempelajari metodologi dan juga matakuliah Etika dan Filsafat Komunikasi untuk menguatkan landasan keilmuan.

Tahun Keempat

Mahasiswa telah siap melakukan praktik kerja dan juga melakukan skripsi sebagai persyaratan kelulusan.

KOMPETENSI

  1. Mahasiswa diharapkan memiliki karakter individu yang baik, jiwa kepemimpinan, kerja sama tim yang baik, dan pemahaman mengenai etika profesi sehingga dapat bermanfaat di dunia kerja.
  2. Mahasiswa diharapkan mampu berpikir kreatif, inovatif, dan strategis dalam merancang perencanaan program komunikasi.
  3. Mahasiswa diharapkan menguasai teknik menulis dan mampu mengelola media perusahaan.
  4. Mahasiswa diharapkan menguasai keahlian presentasi, negosiasi, dan juga segala bentuk kegiatan public speaking.
  5. Mahasiswa diharapkan mampu merancang suatu even dan juga bentuk-bentuk kegiatan komunikasi lainnya.
  6. Mahasiswa diharapkan mampu mandiri sebagai entrepreneur dengan mengembangkan segala jenis usaha di bidang Ilmu Komunikasi.
  7. Mahasiswa diharapkan menguasai keahlian dalam bidang riset

KARIR

Lulusan dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Corporate Communication dapat berkarir sebagai:

  • Public Relations Consultant
  • Corporate Communication Manager
  • Public Relation Manager (Swasta/Pemerintah)
  • Strategic Communication and Campaign Consultant
  • Public Relations & Marketing Consultant
  • Brand Manager
  • Campaign Director
  • Communication consultant
  • Strategic Communication manager
  • Corporate Affairs Manager
  • Researcher
  • Corporate Secretary
  • Strategy Planning Manager
  • Publicist
  • Event Organizer Manager
  1. Erna Mariana Susilowardhani, S.Sos., M.Si. (Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi)
  2. Kartika Aryani Harijono, S.Sos., M.I.Kom.
  3. AHairul Umam, M.Hum.
  4. Irwan Setyawan, M.I.Kom.
  5. Renville Almatsier

Mengapa Memilih Administrasi Bisnis ?

Mayoritas universitas di Indonesia tidak membekali lulusannya untuk menjadi seorang profesional yang handal dan siap pakai untuk menjadi pemimpin dibidang bisnis dimasa yang akan datang dan lebih fokus keaspek pendalaman teori. Padahal, saat ini Indonesia sangatlah kekurangan profesional dibidang bisnis yang siap pakai dan handal yang dapat membawa ekonomi Indonesia kelevel yang lebih tinggi.

Program studi (prodi) Administrasi Bisnis TAU hadir untuk menghasilkan lulusan yang siap pakai, handal, serta profesional dibidang bisnis dan manajemen; menghasilkan lulusan yang dapat bersaing setara bahkan mengungguli profesional bisnis ditingkat global. Prodi ini menawarkan kurikulum multi bisnis yang mempersiapkan lulusannya untuk menjadi seorang manajer dan pengusaha dibidang bisnis.

Untuk mengakomodir minat dan bakat mahasiswa dibidang bisnis, prodi Administrasi Bisnis TAU menawarkan lima konsentrasi, yaitu Kewirausahaan, Perbankan Investasi, Strategi dan Inovasi, Bisnis Internasional, dan Perbankan Syariah.

Visi :

Menghasilkan manajer profesional dan pimpinan bisnis Indonesia masa depan dan terlibat secara aktif didalam penelitian dibidang bisnis yang akan memberikan manfaat bagi dunia akademik dan masyarakat pada umumnya di Indonesia.

Misi :

  1. Menyiapkan lulusan yang: (1) memiliki pengetahuan, keahlian, kreativitas, dan inovasi yang dalam dibidang bisnis dan yang siap untuk bersaing secara nasional maupun internasional;
  2. Menjadi yang terdepan didalam penelitian dibidang administrasi bisnis yang termuktahir, yang dapat membantu meningkatkan pembangunan ekonomi Indonesia;
  3. Menjadi pusat manajer profesional di Indonesia yang akan melahirkan para manajer profesional yang siap pakai yang dapat bersaing didalam negeri maupun diskala global.

Semester 1 – 2
Mahasiswa akan dibekali dengan dasar-dasar bisnis yang penting untuk mengembangkan kerangka binis dan keahlian manajerial yang kuat, seperti pemahaman Akuntansi dan Keuangan dan dasar-dasar Manajemen dan Kewirausahaan.

Semester 3 – 4
Mahasiswa masih akan dibekali dengan dasar-dasar bisnis yang penting untuk mengembangkan kerangka binis dan keahlian manajerial yang kuat, seperti pemahaman akan pentingnya Kepemimpinan dan Ekonomi didalam pengelolaan dan pengambilan keputusan bisnis. Akan tetapi, mata kuliah-mata kuliah teknis dan spesialis sudah mulai diperkenalkan disemester ini.

Semester 5 – 6
Di semester ini mahasiswa akan belajar mata kuliah-mata kuliah yang lebih bersifat operasional, manajerial, dan spesialis, yang sesuai dengan penjurusan yang mereka pilih; mata kuliah-mata kuliah tersebut akan membekali mereka dengan keahlian teknis untuk menjadi seorang manajer profesional dibidang bisnis apapun.

Semester 7 – 8
Di tahun terakhir mahasiswa diberikan kesempatan untuk mematangkan pemahaman teori dan konsep bisnis yang telah mereka pelajari dikelas dari tahun pertama sampai tahun ketiga dan mengaplikasikannya melalui pelaksanaan magang kerja dan penulisan tugas akhir studi kasus bisnis yang bersifat aplikatif. Dengan demikian mereka memiliki kompetensi yang lengkap dan matang ketika lulus dari TAU, karena telah memahami teori dan aplikasi bisnis didunia nyata.

Setelah menyelesaikan studi diprodi Administrasi Bisnis TAU, lulusan prodi ini diharapkan dapat:

  1. Pengetahuan Bisnis: memiliki pemahaman teknis yang kuat dibidang bisnis dan manajemen;
  2. Keahlian Berpikir Kritis: mampu untuk mendefinisikan, menganalisa, dan merancang solusi yang bersifat komprehensif tapi praktis atas permasalahan-permasalahan bisnis dengan mempergunakan metode yang ilmiah, terstruktur, terencana, metodis, dan berdasarkan data yang akurat dan bertanggung jawab;
  3. Keahlian Komunikasi: memiliki kompetensi didalam komunikasi bisnis yang baik untuk menunjang karir sebagai seorang profesional dibidang bisnis maupun sebagai seorang pengusaha;
  4. Keahlian Dibidang Teknologi: memiliki kompetensi didalam penggunaan teknologi modern dan termuktahir untuk mendukung pengembangan bisnis;
  5. Kewirausahaan dan Inovasi: memiliki kompetensi didalam pengembangan bisnis baru dan melakukan inovasi dibidang bisnis untuk bisnis baru maupun yang sudah berjalan, dan mengidentifikasi bisnis yang memiliki potensi pertumbuhan tinggi.

Sehubungan dengan karir, lulusan prodi Administrasi Bisnis TAU memiliki prospek karir yang baik dan luas diberbagai bidang; mereka dapat memilih karir diantaranya sebagai: management trainee, konsultan manajemen & bisnis, bankir investasi, perencana bisnis, analis bisnis, ekonom bisnis, manajer umum, perencana keuangan, manajer keuangan, pejabat eksekutif, peneliti bisnis, maupun manajer proyek.

  1. Didip Diandra, MBA;
  2. Primadi W.S., MBA, MPP;
  3. Hario Sulistianto, MBA;
  4. Aryo Indra Djati, MBA.