MENGAPA MEMILIH PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS DI TAU?

Mayoritas universitas di Indonesia tidak membekali lulusannya untuk menjadi seorang profesional yang handal dan siap pakai untuk menjadi pemimpin dibidang bisnis dimasa yang akan datang dan lebih fokus keaspek pendalaman teori. Padahal, saat ini Indonesia sangatlah kekurangan profesional dibidang bisnis yang siap pakai dan handal yang dapat membawa ekonomi Indonesia kelevel yang lebih tinggi.

Program studi (prodi) Ilmu Komunikasi TAU hadir untuk menghasilkan lulusan yang siap pakai, handal, serta profesional dibidang bisnis dan manajemen; menghasilkan lulusan yang dapat bersaing setara bahkan mengungguli profesional bisnis ditingkat global. Prodi ini menawarkan kurikulum multi bisnis yang mempersiapkan lulusannya untuk menjadi seorang manajer dan pengusaha dibidang bisnis.

Untuk mengakomodir minat dan bakat mahasiswa dibidang bisnis, prodi Administrasi Bisnis TAU menawarkan lima konsentrasi, yaitu Kewirausahaan, Perbankan Investasi, Strategi dan Inovasi, Bisnis Internasional, dan Perbankan Syariah.

Visi:

Menciptakan sarjana ilmu komunikasi yang memiliki jiwa kepemimpinan yang profesional dan berkompetensi di bidangnya sehingga mampu menjawab tuntutan dan tantangan di dunia profesional.

Misi:

  1. Mendidik para mahasiswa menjadi Career Ready Professionals di bidang Ilmu Komunikasi, dengan meningkatkan kemampuan praktis yang diterapkan dalam beberapa mata kuliah praktik.
  2. Membimbing mahasiswa untuk memiliki kemampuan di bidang komunikasi, khususnya konsentrasi corporate communication sehingga mampu mengelola hubungan dengan para stakeholder, baik internal maupun eksternal dengan memanfaatkan berbagai saluran media; mampu beradaptasi dengan teknologi dengan menerapkannya ke sistem di dalam organisasi; mampu mengatasi krisis organisasi dan meningkatkan reputasi organisasi; mampu mengembangkan strategi komunikasi dalam mendukung pencapaian organisasi; memiliki kemampuan menulis sesuai kebutuhan organisasi, dan mampu mengelola media dan even perusahaan.
  3. Membimbing mahasiswa untuk memiliki soft skill kepemimpinan, berpikir kreatif, berpikir inovatif, berpikir analitis dan stategis, kewirausahaan, conceptual skill, social skill, presentation skill, etika profesi, dan kemampuan dalam melakukan riset.
  4. Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan keilmuan guna peningkatan kemampuan di bidang Ilmu Komunikasi melalui kegiatan seminar, konferensi, call for paper, diskusi keilmuan, dan riset.

Tahun Pertama

Mahasiswa mempelajari pengetahuan dasar di bidang Ilmu Komunikasi dan juga menguatkan basis nilai-nilai yang positif agar menjadi lulusan yang berkarakter dan bertanggung jawab.

Tahun Kedua

Mahasiswa mempelajari berbagai konsep dan teori di bidang Ilmu Komunikasi. Pada semester genap tahun kedua, mahasiswa mulai terfokus pada mata kuliah untuk konsentrasi Corporate Communication.

Tahun Ketiga

Mahasiswa mempelajari berbagai konsep dan teori pada konsentrasi Corporate Communication. Mahasiswa juga mempelajari beberapa mata kuliah praktis yang menunjang keilmuan dan kompetensinya. Selain itu, mahasiswa mempelajari metodologi dan juga matakuliah Etika dan Filsafat Komunikasi untuk menguatkan landasan keilmuan.

Tahun Keempat

Mahasiswa telah siap melakukan praktik kerja dan juga melakukan skripsi sebagai persyaratan kelulusan.

KOMPETENSI

  1. Mahasiswa diharapkan memiliki karakter individu yang baik, jiwa kepemimpinan, kerja sama tim yang baik, dan pemahaman mengenai etika profesi sehingga dapat bermanfaat di dunia kerja.
  2. Mahasiswa diharapkan mampu berpikir kreatif, inovatif, dan strategis dalam merancang perencanaan program komunikasi.
  3. Mahasiswa diharapkan menguasai teknik menulis dan mampu mengelola media perusahaan.
  4. Mahasiswa diharapkan menguasai keahlian presentasi, negosiasi, dan juga segala bentuk kegiatan public speaking.
  5. Mahasiswa diharapkan mampu merancang suatu even dan juga bentuk-bentuk kegiatan komunikasi lainnya.
  6. Mahasiswa diharapkan mampu mandiri sebagai entrepreneur dengan mengembangkan segala jenis usaha di bidang Ilmu Komunikasi.
  7. Mahasiswa diharapkan menguasai keahlian dalam bidang riset

KARIR

Lulusan dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Corporate Communication dapat berkarir sebagai:

  • Public Relations Consultant
  • Corporate Communication Manager
  • Public Relation Manager (Swasta/Pemerintah)
  • Strategic Communication and Campaign Consultant
  • Public Relations & Marketing Consultant
  • Brand Manager
  • Campaign Director
  • Communication consultant
  • Strategic Communication manager
  • Corporate Affairs Manager
  • Researcher
  • Corporate Secretary
  • Strategy Planning Manager
  • Publicist
  • Event Organizer Manager
  1. Erna Mariana Susilowardhani, S.Sos., M.Si. (Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi)
  2. Kartika Aryani Harijono, S.Sos., M.I.Kom.
  3. AHairul Umam, M.Hum.
  4. Irwan Setyawan, M.I.Kom.
  5. Renville Almatsier