Mengapa Teknik Perminyakan ?

Program ini merupakan salah satu dari 10 program studi UNIVERSITAS TANRI ABENG yang bertujuan menghasilkan lulusan yang siap mengembangkan ilmu, bekerja secara profesional, dan berdaya saing tinggi di tingkat nasional dan internasional. Untuk mewujudkan lulusan yang Career Ready Profesional, prodi ini membuat Rencana Strategis (Renstra) sebagai acuan dalam pengembangan kegiatan akademik dan bidang terkait lainnya selama 5 tahun ke depan 2017-2022.

  • VISI:
  • Menjadikan Program Teknik Perminyakan berkualitas yang mampu menghasilkan pakar di bidang Teknologi Perminyakan dan Energi Terbarukan yang memiliki kompetensi profesional dan siap berkarir baik di tingkat nasional maupun internasional.

 

  • MISI:
  1. Menghasilkan Sarjana Teknik yang memiliki kedalaman ilmu Teknik Perminyakan, yang secara spesifik mendalami Dasar-dasar Teknologi Perminyakan dan Energi Terbarukan serta memiliki keterampilan untuk menghasilkan karya yang siap berkarir secara profesional baik di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Mewujudkan program pendidikan tingkat sarjana yang dirancang khusus untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi di bidang Teknologi Perminyakan, Enhanced Oil Recovery dan Energi Terbarukan.
  3. Menjadikan program studi Teknik Perminyakan sebagai bidang ilmu pengetahuan yang dinamis serta mampu mendorong kemajuan teknologi dan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan.
  4. Mampu menyelenggarakan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang sesuai dengan dasar-dasar ilmu Teknologi Perminyakan.

Tahun Pertama

Mahasiswa dipersiapkan dengan pengetahuan ilmu dasar teknologi seperti Mathematika, Fisika, Kimia, Konsep Teknologi dan Pengembangan Karakter untuk menghasilkan lulusan yang siap menjadi entrepreneur di lingkungan industry migas.

 Tahun Kedua

Mahasiswa mempelajari tentang pengetahuan dasar-dasar Geologi Minyak & Gas Bumi, Teknologi Pemboran, Evaluasi Formasi, Teknik Reservoir dan Teknik Produksi.

Tahun Ketiga

Memasuki tahun ketiga mahasiswa mempelajari Simulasi Reservoir, Enhanced Oil Recovery, Field Development Plan (FDP) dan Pengembangan Teknologi Gas. Pada tahun ini pula mahasiswa melakukan Kuliah Lapangan dan Kerja Lapangan (magang).

Tahun Keempat

Mahasiswa telah siap untuk melakukan skripsi dan tugas akhir untuk persyaratan kelulusan

  1. Menguasai asas perencanaan, operasi dan pengawasan kegiatan permboran dan produksi, perkiraan biaya dan masalah yang timbul dalam operasi pemboran dan produksi suatu sumur migas.
  2. Mennguasai kemampuan interpretasi data rekaman log, core dan test dalam karakterisasi reservoir untuk memahami sifat-sifat batuan reservoir dan distribusinya.
  3. Menguasai perkiraan cadangan migas, mekanisme tenaga dorong reservoir, besarnya volume yang dapat diambil secara natural, alternative pengembangan lapangan untuk Enhanced Oil Recovery, future production profile serta perhitungan keekonomian lapangan.
  4. Mempunyai bekal yang cukup untuk melakukan kajian reservoir dengan menggunakan teknologi Simulasi Reservoir.
  5. Menguasai pengembangan aplikasi gas sebagai bahan bakar yang murah dan ramah lingkungan beserta pengembangan infrasrtuktur yang diperlukan
  6. Mempunyai wawasan dalam Renewable Energy seperti Geothermal, Tenaga Angin, surya, bio-energy dan lain-lain
  7. Lulusan mahasiswa Teknik Perminyakan TAU dapat berkarir sebagai peneliti, konsultan, bekerja di bank atau perusahaan migas sebagai officer atau operation engineer, service company atau sebagai birokrat di pemerintahan. Lebih diutamakan apabila alumni Teknik Perminyakan TAU bekerja sebgai pengusaha di lingkungan industry migas.
  1. Rusdi Hidayat Susilo M.Eng (Ketua Program Studi Perminyakan)
  2. Renas Witjaksana M.Sc
  3. Bambang Wicaksono M.Sc
  4. Rachmat Suryadisastra MM
  5. Jerry Mananti Lumban Tobing S.T, MT
  6. Sugeng Riyono M.Phyl
  7. Rasdianto M, ST, MT
  8. Yusep Kartiwa Caryana M.Sc
  9. Albert Larope M.Sc
  10. Sugihardjo M.Eng
  11. Panca Wahyudi S, MT