Mengapa Memilih Teknik Sipil ?

Program Studi Teknik Sipil TANRI ABENG UNIVERSITY menawarkan pendidikan Teknik Sipil yang berbasis riset untuk menunjang percepatan pembangunan infra-struktur Ramah lingkungan Indonesia.

Teknik Sipil mempelajari perancangan dan konstruksi bangunan fisik untuk prasarana transportasi seperti jalan, jembatan, kanal, bendungan, bandar udara, pelabuhan, perumahan, bangunan tingkat tinggi, infra-struktur industri petrokimia dan anjungan lepas pantai. Sarjana lulusan Teknik Sipil bekerja pada sektor pembangunan kota, nasional, privat swasta hingga perusahaan multi-national.

Di dalam usianya yang masih muda, Teknik Sipil TAU sudah ikut terlibat di berbagai kegiatan berskala interna­sional seperti seminar dan program kemahasiswaan di dalam dan luar negeri.

Visi :

Menjadi pusat unggulan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknik Sipil, mampu menghasilkan pakar di bidang Teknik Sipil yang berwawasan lingkungan, memiliki kompetensi profesional dan siap berkarir baik di tingkat nasional maupun internasional.

Misi :

  1. Menghasilkan Sarjana Teknik Sipil yang memiliki kedalaman ilmu Teknik Sipil, yang secara khusus mendalami teknologi konstruksi bangunan Ramah Lingkungan, memiliki keterampilan Manajeman Konstruksi, siap berkarir secara profesional baik di tingkat nasional maupun internasional
  2. Mewujudkan program pendidikan tingkat sarjana yang dirancang khusus untuk membentuk dan membina mahasiswa yang mempunyai kepemimpinan dan kepribadian yang mengutamakan etika profesi, menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi di bidang Teknik Sipil
  3. Menjadikan program studi Teknik Sipil sebagai bidang ilmu pengetahuan berbasis riset serta mampu mendorong kemajuan teknologi dan pembangunan infra-struktur di wilayah Indonesia
  4. Mampu menyelenggarakan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang sesuai dengan dasar-dasar ilmu Konstruksi Bangunan Ramah Lingkungan ( Eco Friendly Structure )

Semester 1 – 2
Mahasiswa akan dipersiapkan untuk menguasai teknik dasar fiska, kimia, matematika dan menggambar rancangan bangunan.

Semester 3 – 4
Mahasiswa diarahkan untuk memperdalam teori mekanika teknik dan beban struktur rangka batang melalui tugas perancangan bangunan menggunakan software komputer dan praktikum pengujian struktur, beban statis dan dinamis di laboratorium struktur dan hidrolika.

Semester 5 – 6
Mahasiswa diarahkan untuk mampu melakukan penelitian ilmiah terkait rancang bangun infra-struktur dan mampu mengembangkan kemampuan desain pada tugas-tugas perancangan bangunan ramah lingkungan.

Semester 7 – 8
Mahasiswa melaksanakan kerja praktek dan mulai menyiapkan proyek Tugas Akhir dan skripsi.

Setelah menyelesaikan studi diprodi Teknik Sipil TAU, lulusan prodi ini diharapkan dapat:

  1. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk membuat produk gambar detil engineering drawing yang sesuai dengan standar yang dibutuhkan di dunia kerja.
  2. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan merancang bangunan yang menerapkan prinsip struktur ramah lingkungan.
  3. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian terkait bangunan ramah lingkungan.
  4. Lulusan mahasiswa dari prodi Teknik Sipil dapat berkarir di berbagai macam bidang seperti konsultan perencanaan dan kontraktor bangunan tingkat tinggi, infra-struktur transportasi seperti jembatan, jalan raya, rel kereta api, bandar udara dan pelabuhan, infrastuktur industri petro-kimia dan lepas pantai.
  1. Ir. Budianto Ontowirjo, M.Sc, (Ketua Program Studi Teknik Sipil)
  2. Ir. Deny Dwiantoro, MBA
  3. Sekar Mentari, ST, MT
  4. Rosi Nursani, ST, MT
  5. Andi Taufan Marimba, MBA
  6. Harman Adjiwibowo, M.Sc. Ph.D