skip to Main Content
(+62) 8123 729 0009 | (+62) 21 5890 8888 admission@tau.ac.id Sistem Informasi Akademik

Mengapa Memilih Administrasi Bisnis ?

Tidak sedikit perguruan tinggi di Indonesia yang kurang membekali lulusannya untuk menjadi pribadi yang handal dan siap pakai serta hanya fokus pada aspek pendalaman teori. Padahal, saat ini Indonesia membutuhkan tenaga profesional yang dapat membawa perekonomian Indonesia ke level yang lebih tinggi.

Program studi (prodi) Ilmu Administrasi Bisnis TAU hadir dengan menawarkan kurikulum keilmuan dasar yang kuat seperti kemampuan manajerial, analisa, strategi, kepemimpinan, dan perhitungan statistik yang dikombinasikan dengan wawasan kemajuan industri di berbagai sektor. Prodi Ilmu Administrasi Bisnis menghasilkan lulusan yang siap pakai, handal, serta profesional di bidang pengelolaan bisnis. Selain itu, lulusan mampu bersaing setara di berbagai tingkat.

Untuk mengakomodir minat dan bakat mahasiswa di bidang bisnis, prodi Ilmu Administrasi Bisnis TAU menawarkan konsentrasi, yaitu Kewirausahaan serta Strategi dan Bisnis Internasional.

VisiĀ :

Menjadi Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis yang unggul dalam wawasan kewirausahaan dan manajemen serta siap bersaing secara profesional pada tahun 2027

 

Misi :

  1. Mewujudkan lulusan yang memiliki kedalaman ilmu bisnis, keterampilan, kreativitas, dan inovasi sehingga siap berkarir di tingkat nasional dan internasional.
  2. Menyelenggarakan berbagai kegiatan yang berbasis akademik dan penelitian dalam bidang administrasi bisnis secara komprehensif.
  3. Mendorong pengembangan kewirausahaan di Indonesia, dan turut mendorong percepatan pembangunan di Indonesia.
  4. Membangun sistem pengelolaan program studi administrasi bisnis yang efektif, efisien, profesional dan transparan.
  5. Membangun kerja sama dengan instansi pemerintah dan institusi swasta yang kompeten.

Semester 1 – 2
Mahasiswa akan dibekali dengan ilmu ekonomi dan bisnis yang penting untuk pemahaman dasar Manajemen.

Semester 3 – 4
Mahasiswa masih akan dibekali dengan teori ekonomi dan bisnis lanjutan untuk mengembangkan pengelolaan organisasi, keuangan dan sumber daya seperti pemahaman akan pentingnya Analisa Lingkungan dan Kepemimpinan dalam pengambilan keputusan bisnis. Mata kuliah bersifat teknis sudah mulai diperkenalkan di semester ini.

Semester 5 – 6
Mahasiswa akan belajar mata kuliah penjurusan dan pendalaman yang sesuai dengan minat yang mereka pilih; mata kuliah tersebut akan membekali mereka dengan keahlian praktis untuk menjadi seorang profesional dibidang bisnis.

Semester 7 – 8
Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mematangkan pemahaman teori dan konsep yang telah mereka pelajari dari tahun pertama sampai tahun ketiga dan mengaplikasikannya melalui pelaksanaan magang kerja dan penulisan tugas akhir. Mereka hendaknya memiliki kompetensi yang lengkap dan matang serta sikap profesional ketika lulus dari TAU.

Setelah menyelesaikan studi diprodi Administrasi Bisnis TAU, lulusan prodi ini diharapkan dapat:

  1. Pengetahuan Bisnis: memiliki pemahaman teknis yang kuat dibidang bisnis dan manajemen;
  2. Keahlian Berpikir Kritis: mampu untuk mendefinisikan, menganalisa, dan merancang solusi yang bersifat komprehensif tapi praktis atas permasalahan-permasalahan bisnis dengan mempergunakan metode yang ilmiah, terstruktur, terencana, metodis, dan berdasarkan data yang akurat dan bertanggung jawab;
  3. Keahlian Komunikasi: memiliki kompetensi didalam komunikasi bisnis yang baik untuk menunjang karir sebagai seorang profesional dibidang bisnis maupun sebagai seorang pengusaha;
  4. Keahlian Dibidang Teknologi: memiliki kompetensi didalam penggunaan teknologi modern dan termuktahir untuk mendukung pengembangan bisnis;
  5. Kewirausahaan dan Inovasi: memiliki kompetensi didalam pengembangan bisnis baru dan melakukan inovasi dibidang bisnis untuk bisnis baru maupun yang sudah berjalan, dan mengidentifikasi bisnis yang memiliki potensi pertumbuhan tinggi.

Sehubungan dengan karir, lulusan prodi Ilmu Administrasi Bisnis TAU memiliki prospek karir yang baik dan luas di berbagai bidang; mereka dapat memilih karir diantaranya sebagai: konsultan bisnis, perencana keuangan, peneliti pemasaran, manajer proyek, manajemen perbankan, serta entrepreneur.

  1. Didip Diandra, BA., MBA.
  2. Primadi Wahyuwidagdo., S.E., MBA.
  3. Hario Sulistianto, MBA.
  4. Aryo Indra Djati, S.E., MBA.
  5. Muhammad Hamim, MPA., MBA.